Minggu, 11 Maret 2012

Marantau - SBY Didesak Pecat Anas dan Angie


Posted on 19 February 2012

Mengunjungi Jakarta: Kisruh Partai Demokrat kian tajam. Setelah Ketua Umum Anas Urbaningrum mengabaikan keputusan Dewan Kehormatan untuk memecat Wakil Sekjen Angelina Sondakh, kini muncul desakan agar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memecat Anas dan Angelina.

Salah satu pendiri Partai Demokrat Hencky Luntungan di Jakarta kemarin mengatakan SBY selaku Ketua Dewan Pembina harus segera memerintahkan Sekretaris Dewan Pembina TB Silalahi memecat Anas dan Angelina (Angie).

"Demokrat didirikan tidak untuk dirusak oleh pendatang baru. Susah kita dirikan partai ini," tegas Hencky.

Angie telah ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek Wisma Atlet. Selain Angie, Muhammad Nazaruddin telah pula menjadi terdakwa kasus yang sama. Berbeda dengan Nazaruddin yang langsung dipecat sebagai Bendahara Umum Partai Demokrat, DPP hingga kini belum juga memecat Angie. Padahal, Dewan Kehormatan telah memberi tenggat satu minggu sejak 11 Februari agar Anas memecat Angie. Nama Anas juga disebut dalam sidang sebagai salah satu penerima dana Wisma Atlet.

Menurut Hencky, dalam kondisi Demokrat yang sudah hancur oleh kader pendatang baru, SBY harus memilih menyelamatkan partai dan mengabaikan prosedur. Kader yang sudah tersangka seperti Angie harus dipecat.

Dia mengklaim hampir 90% pendiri Demokrat setuju Yudhoyono memecat Anas dan Angie. "Anas itu kader baru yang menghancurkan partai," ujarnya. ''Mempertahankan Angie sama saja membiarkan Demokrat hancur.''

Pendiri Demokrat lainnya, Vence Rumangkang, meminta Anas agar tidak membangkang terhadap keputusan Dewan Kehormatan. "Angie harus dipecat karena sudah diusulkan Dewan Kehormatan," ujarnya kemarin.

Sekretaris Dewan Kehormatan, TB Silalahi, belum mau diwawancarai lagi terkait rekomendasi pemecatan Angie. Saat dihubungi kemarin, staf TB Silalahi meminta Media Indonesia menghubungi lagi karena Silalahi sedang menghadiri Musyawarah Cabang Demokrat Tapanuli, Sumatra Utara.

Meski ada tenggat untuk memecat Angie, DPP belum juga menggelar rapat. Anas malah rajin berkeliling ke daerah. Kemarin dia dan Sekjen Edi Baskoro berada di Bangka Belitung menghadiri kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Zulkarnaen Karim-Dharmansyah. Sebelumnya, Jumat (17/2) dia berada di Lampung. (*/RF/X-4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar